Rabu, 11 Juni 2014

Tanaman Kebun Yang Baik Untuk Kesehatan

lidah buayaDengan banyaknya praktek pengobatan alternatif yang semakin menjamur belakangan ini membuat obat-obatan herbal menjadi pilihan yang banyak dipilih oleh masyarakat khususnya di Indonesia.

Berbagai praktek pengobatan alternatif yang memanfaatkan obat-obatan herbal untuk menyembuhkan penyakit, sering dinilai lebih aman serta lebih ampuh untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Baik itu penyakit yang bisa disembuhkan sampai penyakit yang sulit sekali disebuhkan dengan bantuan medis.

Alasan lain yang menyebabkan obat-obatan herbal lebih banyak dipilih adalah bahan-bahannya yang alami yang tidak akan menimbulkan efek samping yang berbahaya. Secara umum, obat-obatan herbal yang ada saat ini bahkan sudah banyak yang tersedia dia apotek maupun di toko obat herbal memiliki lebih banyak khasiat untuk mengobati penyakit maupun menjaga kesehatan seseorang.

Ada beberapa jenis tanaman herbal berkhasiat yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yang bisa ditanam sendiri dirumah dengan mudah. Selain digunakan untuk obat, tanaman herbal yang berkhasiat ini juga bagus sekali untuk dijadikan hiasan agar halaman atau kebuh kita menjadi semakin indah dan bermanfaat tentunya.

Beberapa jenis tanaman herbal yang baik untuk kesehatan yang bisa anda tanam di kebun, adalah:
  • Lidah Buaya
Tidak sedikit orang yang menanam lidah buaya dikebun sendiri. Selain bentuknya yang eksotis, tanaman lidah buaya juga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Beberapa kelebihan lidah buaya di bidang kesehatan adalah untuk meremajakan kulit, menghilangkan jerawat serta membuang berbagai racun dalam kulit. Selain itu lidah buaya juga bermanfaat untuk menyembuhkan luka bakar ringan.
  • Bawang putih
bawah putihBawang putih merupakan tanaman yang sering digunakan sebagai bumbu masakan. Selain itu, bawang putih juga berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Bawang putih memiliki sifat antikuman yang berkhasiat untuk mengatasi luka kecil sampai mengempeskan bisul. Selain itu juga bisa untuk menjaga daya tahan tubuh serta menghangatkan tubuh. Untuk bisa mendapatkan semua manfaatnya untuk kesehatan anda, anda perlu mencincang, menghancurkan maupun anda kunyah secara langsung.
  • Ginseng
Ginseng merupakan tanaman herbal yang berasal dari dataran china serta korea. Ginseng memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita. Salah satunya adalah untuk menjaga stamina agar tetap fit. Ginseng dapat mendorong energi secara alami dalam tubuh kita dan juga terkenal memiliki kemampuan untuk mengobati masalah keseburan pada pria. Saat ini ginseng sudah banyak yang dimanfaatkan sebagai bahan baku obat-obatan, ada yang berbentuk tablet, kapsul maupun berbentuk teh.
  • Peppermint
Peppermint atau mentha sudah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai obat alami untuk mengatasi masalah gangguan pencernaan. Daun peppermint juga bisa dimanfaatkan untuk campuran bahan makanan maupun minuman.Anda bisa menambahkan sebanyak 2 sendok makan daun peppermint kering pada secan gkir teh hangat yang biasa anda konsumsi untuk mendapatkan semua manfaatnya untuk kesehatan anda.
  • Chamomile
chamomileChamomile masih memiliki kekerabatan dengan keluarga bunga matahari. Chamomile sering digunakan sebagai obat herbal karena telah terbukti kemapuhannya dalam hal menyembuhkan radang usus. Selain itu, chamomile juga sering dikeringkan untuk dijadikan teh herbal yang dipercaya mampu mengobati sakit perut serta dapat menenangkan saraf. Bahkan para ahli kesehatan telah menyarankan agar mengkonsumsi teh chamomile secara rutin setiap pagi karena sangat baik untuk menjaga kesehatan kita.
  • Melati
Bunga melati memiliki aroma yang harum sehingga sering dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan parfum. Namun selain itu, daun melati juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan sesak napas serta sakit kepala. Bunga melati juga memiliki khasiat untuk mengobati radang mata.
  • Jahe
Jahe sering digunakan sebagai bumbu masakan maupun hanya sebagai pelengkap untuk mengurangi bau amis pada masakan. Namun ternyata, jahe juga dapat digunakan untuk menyembuhkan batuk serta rematik karena jahe menimbulkan rasa hangat. Selain itu, jahe juga dapat menghilangkan rasa mual karena mabuk saat perjalanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar