Minggu, 04 Agustus 2013

Duduk Terlalu Lama Dapat Sebabkan Diabetes


duduk terlalu lama
Jika anda adalah seseorang yang bekerja di dalam ruangan yang mengharuskan anda untuk duduk, sebaiknya anda perlu untuk waspada. Karena, duduk terlalu lama sebabkan diabetes

Ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Henson yang terdiri dari dua penelitian yang meliputi sekitar 153 responden dewasa. 

Pada penelitian yang pertama melibatkan responden yang rata-rata berusia 30an, sedangkan pada penelitian ke dua melibatkan responden yang berusia 65 tahun. 

Dan penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh dari kebiasaan para responden seperti berapa lama waktu yang dihabiskan untuk duduk dan waktu yang dihabiskan untuk berolahraga.

Dan hasilnya, para peneliti menemukan bahwa waktu yang dihabiskan untuk duduk secara lama sangat berkaitan dengan meningkatnya gula darah serta kadar kolesterol dalam tubuhnya. Sehingga dengan demikian resiko diabetes dan penyakit jantung juga mengalami peningkatan

Maka untuk menghindari dan mencegah terserang diabetes anda disarankan untuk mengurangi waktu duduk. Semakin banyak waktu yang anda habiskan untuk duduk, maka makin besar pula kemungkinan anda untuk menderita diabetes dan serangan jantung. 

Karena pada kenyataannya, meminta pasien untuk mengurangi waktu duduk sebagai upaya pencegahan diabetes ternyata lebih efektif bila dibandingkan dengan meminta pasien untuk berolahraga. 

Untuk mencegah kegemukan serta diabetes, para ahli menganjurkan untuk melakukan olahraga yang ringan hingga berat minimal 150 menit setiap minggunya. Namun, pada kenyataannya hasil penelitian menunjukkan bahwa mengurangi waktu duduk hingga 90 menit selama sehari juga memiliki manfaat yang sama dengan berolahraga selama 150 menit seminggu.

menonton televisi
Gaya hidup yang kurang gerak dan kurang aktivitas seperti ini menghabiskan porsi waktu yang banyak, dan dilakukan oleh mayoritas orang-orang di jaman modern seperti sekarang ini. 

Bayangkan saja, pagi hari mereka menghabiskan minimal 2 jam untuk berangkat kerja dengan duduk saat berkendara, kemudian menghabiskan waktu 8 jam saat di kantor duduk di belakang meja kerja, dan kemudian menghabiskan waktu untuk bersantai sambil duduk saat pulang kerja.

Begitu terus tanpa ada pergerakan atau aktivitas yang dapat membakar kalori dalam jumlah yang banyak seperti berolahraga atau pun melakukan aktivitas yang lain. 

Mencegah diabetes dan penyakit kardiovaskular lainnya pada saat ini hanyalah berfokus pada olahraga. Meminta orang untuk lebih giat lagi dalam berolahraga memang cukup membantu, tetapi akan lebih efektif lagi bila mereka disarankan untuk mengurangi waktu duduk serta lebih banyak bergerak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar