Kamis, 09 Mei 2013

Makanan Untuk Mencegah Kanker Prostat



Kebanyakan kanker prostat diderita oleh para pria yang berusia diatas 50 tahun. Munculnya kanker prostat pada udia tersebut disebabkan oleh lamanya proses perkembangan sel-sel kanker. 

Yang berlangsung secara bertahap, dari tahap inisisasi hingga mencapai tahap ganas serta bersifat laten. Membutuhkan waktu tahunan dan bahkan hingga puluhan tahun.   

Hingga saat ini para peneliti masih menyelidiki penyebab utama munculnya kanker prostat. Dan baru diketahui adanya beberapa faktor dari banyak laporan tentang penelitian. 

Faktor pertama adalah kebiasaan dan pola makan yang salah. Sebab ada beberapa makanan yang dapat menjadi pemicu dan juga ada beberapa jenis makanan yang dapat menghambat.


Hasil penelitian melaporkan bahwa yang memicu timbulnya kanker prostat adalah makanan yang memiliki kadar lemak atau energi yang tinggi. 

Sedangkan faktor kedua adalah adanya senyawa radikal bebas yang berasal dari pencemaran lingkungan baik tana, air, maupun udara, radiasi matahari, serta asap kendaraan yang kualitasnya terus meningkat sehingga semakin sulit untuk dihindari.

Yang berakibat munculnya penuaan dini, serta terjadinya sekitar 50 macam penyakit degeneratif, termasuk penyakit kanker prostat, yang diduga disebabkan dan diperparah oleh adanya radikal bebas.  

Yang ketiga adalah faktor hormonal serta usia. Produksi hormon androgen pada pria tergantung pada usia. Hormon inilah yang mengendalikan libido, sistem reproduksi pada pria serta irama kerja kelenjar prostat dalam melindungi cairan yang berfungsi serta berperan dalam proses likuifasi sperma atau semen. 

Sebab ada juga laporan mengenai libido yang terkendali dan suka melakukan seks bebas dapat beresiko tinggi terserang kanker prostat yang ganas. 

Dan satu hal lagi bagi pria yang memiliki riwayat kesehatan atau keturunan penderita kanker prostat, hendaknya anda mewaspadai faktor penyebab lainnya agar dapat meminimalkan resiko dari faktor genetis. 

Dibawah ini adalah beberapa makanan untuk mencegah kanker prostat yang bisa anda konsumsi sehari-hari untuk meminimalkan resiko terjadinya kanker prostat.

  • Bawang putih
Makanan yang berpotensi dapat menghambat proses masuknya serta menghambat perkembangan kanker prostat adalah bawah putih. Selain dikenal sebagai bumbu dalam masakan, ekstrak bawang putih juga bermanfaat sebagai pencegah kanker prostat.
Dari hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 1997 menunjukkan bahwa sulfur turunan dari allicin yang terkandung di dalam bawang putih ternyata dapat mengganggu enzim ornithine dekarboksilase yang berperan dalam sintesa polamine yaitu laju perkembangan sel tumor dan keganasan kanker.
Dengan cara memacu pembentukan glutathion tereduksi yang menghambat kerja ornithine. Serta mengikat enzim pada bagian thiol nucleophilic sehingga fungsinya menjadi hilang. Dengan demikian dapat menghambat pembentukan sel kanker pada kelenjar prostat. 

  • Tomat
Makanan lainnya adalah tomat. Tomat memiki warn yang khas serasal dari senyawa karetoniod likopen yang memiliki peranan dapat menyehatkan organ prostat serta jantung. Karena likoppen memiliki aktivitas antioksidan yang berperan dalam pertumbuhan serta komunikasi intraselular pada sel-sel jaringan di dalam tubuh.
Likopen memiliki kemampuan sebagai antioksidan dalam mengikat singlet oksigen, dapat meredam keganasan radikal bebas, menekan perkembangan sel-sel kanker termasuk sel kanker prostat. Likopen melebihi betakaroten sehingga dapat berperan dalam menyehatkan jantung.
Likopen yang paling mudah diserap dalam tubuh adalah dari hasil olahan tomat. Maka untuk mengoptimalkan manfaat likopen untuk kesehatan prostat dan jantung anda, tambahkan tomat di dalam diet anda setiap hari baik dalam bentuk pasta, saus ataupun sambal tomat. 

  • Semangka.
Semangka tidak saja kaya akan air, tapi juga mengandung likopen terutama pada daging buahnya yang berwarna merah. Selain itu bagian dagingnya yang berwarna putih juga mengandung senyawa yang dapat berperan untuk menyehatkan ginjal, seperti mencegah serta menghancurkan batu ginjal. Jika ada gejala sakit ginjal makan saja daging buah semangka yang berwarna putih. 
Jadi untuk mendapatkan efek yang sempurna untuk kesehatan anda, jangan hanya yang berwarna merah saja yang anda konsumsi, tetapi juga makan bagian putihnya sehingga organ prostat dan ginjal anda juga sehat. 

  • Jambu Bji.
Jambu biji memiliki warna merah dan merah muda pada bagian daging buahnya. Selain kaya akan kalium, vitamin A, vitamin C, serta serat, jambu biji juga mengandung likopen sehingga baik untuk menjaga prostat dari serangan kanker. Bahkan secara tradisional mengkonsumsi jambu biji juga disarankan untuk penderita diare serta demam berdarah.   

  • Grapefruit.
Grapefruit atau jeruk bali merupakan sumber kalium, vitamin A, bioflavaniod, dan juga likopen. Sehingga jeruk bali juga bisa dikatakan termasuk sebagai makanan antikanker yang dapat menjaga prostat dari serangan kanker. 

Yang perlu anda ingat adalah berbagai jenis makanan antikanker tersebut bukanlah sebagai sarana pengobatan. Jika anda mengidap penyakit kanker maka berobat ke dokter ahli adalah hal yang paling utama yang harus anda lakukan. Sedangkan jenis makanan yang kami sebutkan diatas hanyalah sebagai tindakan pencegahan, mengurangi kemungkinan terjadinya kanker serta mengurangi perkembangan penyakit tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar