Senin, 17 Juni 2013

Bahaya Kanker Kulit

gejala kanker kulit
Kanker kulit lebih disebabkan karena paparan sinar ultra violet secara langsung. Dan hampir lebih dari 1 juta jiwa yang setiap tahunnya terserang penyakit kanker kulit.

Meskipun mayoritas penyakit kulit menyerang pada ras kulit putih namun tidak menutup kemungkinan bahwa orang yang berkulit gelap juga dapat terserang penyakit kanker kulit. Jadi pada intinya, semua orang tanpa terkecuali harus mewaspadai terhadap bahayanya kanker kulit. 

Sangatlah penting bagi anda untuk mengenali ciri-ciri kanker kulit dan juga yang menyebabkan terjadinya kanker kulit.

Mari kita mengenali jenis kanker kulit yang paling umum dan sering terjadi seperti berikut ini: 


  • BCC atau Basal Cell Carcinoma
basal cell carcinoma

BCC adalah jenis kanker yang sering terjadi pada kulit. Sel basal terletak pada bagian bawah lapisan kulit terluar manusia. Kanker kulit jenis ini cukup umum serta biasanya ditemukan berupa luka atau berupa benjolan pada kulit. Warnanya merah atau putih serta biasanya terdapat pada bagian kulit yang paling sering terkena sengatan sinat matahari seperti wajah, leher, telinga serta lengan.   

  • SCC atau Squamous Cell Carcinoma.
Kanker kulit jenis ini juga sering terjadi, dan biasanya dapat ditemukan pada sel squamus. SCC memiliki kemiripan dengan BCC sebab seringkali muncul pada area kulit yang terpapar singan ultra violet secara langsung seperti kulit wajah, kulit kepala, leher, tangan , lengan serta kaki. Namun perbedaannya dengan BCC kanker kulit jenis ini membuat kulit bersisik, berkerak serta menimbulkan warna kemerahan. Pada mulanya seperti benjolan atau kutil atau bahkan luka yang terbuka dan tidak kunjung sembuh.

  • Melanoma
Kanker kulit jenis ini agak jarang terjadi, namun penyakit kanker ini justru yang paling berbahaya. Melanoma biasanya muncul pada bagian bawah epidermis. Kanker jenis ini biasanya berupa tahi lalat yang berwarba hitam kecokelatan, tapi bisa juga memiliki warna yang lain. Dan apabila bentuk, ukuran serta warnanya tidaks eperti tahi lalat pada umumnya, maka besar kemungkinan bahwa itu adalah kanker kulit jenis melanoma.


Kanker kulit pada umumnya disebabkan karena adanya mutasi yang diakibatkan oleh paparan sinar ultraviolet dari matahari secara langsung, atau bisa juga disebabkan karena alas untuk berjemur atau tanning bed yang terlalu sering digunakan. 

Namun selain itu kanker kulit juga dapat dipengaruhi oleh faktor genetis serta faktor lingkungan. 

Selain itu juga ada beberapa faktor lain yang memiliki resiko tinggi terserang kanker kulit, yaitu:
  • Adanya penyakit kulit seperti lupus dan lepra
  • Luka bakar
  • Bisul yang tidak sembuh-sembuh
  • Terapi menggunakan radiasi
  • Trauma akibat panas
  • Ekspose yang berlebihan terhadap arsenik
  • Transplantasi organ.
  • Kelainan genetis pada kulit seperti albino.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar