Kamis, 20 Juni 2013

Upaya Pencegahan Dari Kanker Kulit

Pernahkah anda menyadari bahwa radikal bebas seperti halnya asap rokok, asap kendaraan bermotor serta polusi yang disebabkan karena asap pabrik juga berbahaya bagi kulit anda.

kanker kulit melanoma
Apalagi Indonesia memiliki iklim tropis yang kaya akan sinar matahari yang juga mengandung ultraviolet juga dapat mengakibatkan munculnya kanker kulit. 

Kanker kulit biasanya diderita oleh orang Eropa yang sangat senang sekali untuk berjemur tetapi lupa atau bahkan sengaja tidak menggunakan krim tabir surya.

Selain menggunakan krim tabir surya anda juga harus menjaga asupan makanan yang dapat membantu untuk menjaga kesehatan kulit serta menjauhkan anda dari bahaya kanker kulit. 

Kanker kulit adalah tumbuhnya sel-sel kanker yang tumbuh secara abnormal pada kulit. Penyebab terjadinya kanker kulit berbeda serta memiliki tingkat keganasan yang berbeda pula. 

Kanker kulit yang paling umum terjadi adalah pada lapisan skuamosa, basal serta melanosit. Dan kanker kulit biasanya tumbuh pada lapisan terluar atau kulit epidermis, sehingga tumor dapat terlihat dengan jelas dari luar. 

Add caption
Kanker yang sangat berbahaya ini memang jarang menyebabkan kematian namun penyakit ini adalah  jenis kanker yang paling umum dialami oleh masyarakat.

Meskipun dengan cara deteksi secara dini, kanker kulit dapat diatasi dengan baik. Namun bagaimanapun juga lebih baik mencegah daripada mengobati.

Untuk perlindungan dari luar anda dapat menggunakan krim tabir surya atau dengan memakai baju yang dapat menutupi kulit dari paparan sinar ultraviolet. Selain itu anda juga harus memperhatikan kesehatan dari dalam. 

Dibawah ini adalah cara alami mencegah kanker kulit, seperti berikut:


  • Tomat
Ada sebuah penelitian yang membuktikan bahwa tomat yang dikonsumsi setiap hari secara rutin sangat efektif untuk mencegah terjadinya kanker, termasuk kanker kulit. Itu karena tomat kaya akan likopen yang dapat membantu anda dalam memerangi efek berbahaya dari paparan sinar ultraviolet. Tomat dapat dijadikan sebagai salah satu obat kanker yang mujarab dan alami bagi anda. Bahkan jika anda aplikasikan secara langsung pada kulit anda dapat dijadikan sebagai tabir surya yang alami. Jangan lupa untuk selalu menyertakan tomat dalam menu makan anda sehari-hari, sekalipun itu ke dalam burger. 

  • Terong
Terong dalam bentuk ekstrak telah terbukti efektif untuk mencegah kanker secara alami. Ekstrak terong memiliki zat kimia tumbuh-tumbuhan atau fitokimia yang disebut solasodine glikosida yang tinggi. Kanker kulit baik yang ganas maupun tidak dapat diobati dengan adanya solasodine glikosida. Dan kanker dalam kasus ini dijamin tidak akan balik lagi.  

  • Buah berry
buah berry

Semua jenis buah berry memiliki warna yang tidak hanya menarik mata, tetapi juga menyehatkan kita. Selain kaya akan antioksidan, buah berry juga mengandung pigmen yang berfungsi untuk menangkal kanker kulit yang biasa disebut dengan apigenin.
Buah berry yang langsung dikonsumsi akan memberikan semua manfaat gizinya untuk anda. Buah berry merupakan sumber makanan yang kaya air, sehingga kelembaban kulit anda akan senantiasa terjaga.




  • Kopi
Kopi yang bila dikonsumsi secara berlebihan bisa mengganggu metabolisme tubuh kita. Namun jika kita hanya menikmati secangkir kopi setiap hari tidak ada salahnya juga. Dengan minum secangkir kopi anak menaikkan energi anda. Dan hal ini telah diteliti oleh para peneliti di seluruh dunia bahwas kopi juga dapat menghancurkan sel-sel yang rusak karena sinar matahari sebelum sel tersebut berubah menjadi kanker. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Turtgers University, dengan mengkombinasikan konsumsi kopi dan olahraga, akan mempercepat kecepatan penghancuran sel-sel yang rusak yang disebabkan oleh matahari sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya kanker.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar