Rabu, 05 Juni 2013

Manfaat Kacang Panjang Untuk Kesehatan

Kacang panjang merupakan jenis sayuran yang paling sering ada di dalam masakan di Nusantara. Seperti pecel, tumis, gado-gado, sayur asem, dan masih banyak lagi.

manfaat kacang panjang
Kacang panjang memang sangat mudah sekali untuk ditemukan mulai dari pasar tradisional hingga di supermarket yang mewah.Selain itu harganya yang relatif murah, sehingga dapat dinikmati oleh semua kalangan masyarakat. 

Meskipun terkadang kacang panjang seringkali di pandang sebelah mata oleh masyarakat karena harganya yang murah, ternyata sayuran ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita.

Terutama sekali bagi kaum wanita. Maka dari itu kami akan memberikan semua manfaatnya di sini.
Kacang panjang memiliki nama ilmiah Vigna sinensis L. Tanaman kacang panjang umumnya tumbuh dengan cara merambat. 

Kacang panjang juga masih berkerabat dengan kacang tolo, kacang tolo lembut, kacang merah, kacang bogor serta kacang laut. 

Kandungan gizi yang terdapat di dalam kacang panjang, adalah betakaroten, protein, korofil, riboflavin, serat, zat besi, Vitamin B1, B2, B6, tembaga, folat, magnesium, mangaan, potasium, zinc serta selenium.

Antioksidan serta sifatnya yang antibakteri dapat menurunkan resiko kanker payudara serta leukemia. Kacang panjang juga memiliki peranan untuk menghasilkan sel darah merah yang sehat, menghindarkan kita dari sakit punggung serta mencegah munculnya anemia. 

Semua fungsi tersebut sangatlah baik untuk wanita, sebab wanita cenderung rentan mengalami penyakit anemia.

kacang panjang dipasaran
Selain itu kacang panjang bebas dari lemak jahat, bebas kolesterol, rendah lemak serta bebas sodium.

Sehingga dapat dikatakan aman untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang memiliki penyakit berat.

Di beberapa bagian negara di dunia, kacang panjang telah digunakan sebagai bahan alami untuk mengobati rematik, radang sendi, serta masalah saluran kemih. 

Di Indonesia sendiri, kacang panjang sangat populer dikonsumsi sebagai sayuran dengan cara diolah maupun dikonsumsi dalam keadaan mentah sebagai lalapan. 

Dengan semua kandungan nutrisinya tersebut, kancang panjang mampu mengurangi resiko stroke, serangan jantung, darah tinggi, mencegah sembelit, serta dapat meingkatkan kesehatan seluruh organ pada tubuh kita luar dalam

Kacang panjang juga dapat mengatasi masalah batu ginjal, mencegah kelainan sistem antibodi, merangsang  fungsi limfa, peluruh air seni serta dapat meningkatkan nafsu makan. 

Selain itu kacang panjang juga mampu mencegah diare, serta dapat menjaga kehalusan kulit secara alami dari dalam tubuh.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar